10 Fitur Android dan iPhone baru yang sangat dilebih-lebihkan: Tertarik dengan trik pemasaran Samsung dan Apple

Kita semua pernah ke sana… Apakah Anda pada dasarnya tidak tahu apa-apa tentang ponsel atau tahu lebih dari cukup, keputusan membeli bisa jadi rumit.

Anda berada di toko operator Anda, atau Best Buy di AS, Carphone di Inggris, Media Markt di Eropa… siap membeli ponsel baru. Anda memiliki anggaran yang fleksibel tetapi ingin mendapatkan perangkat terbaik dengan harga terbaik – seperti yang kita semua lakukan.

Anda melihat Galaxy S22 dan Galaxy S22 Ultra duduk bersebelahan, lalu iPhone 13 mini dan iPhone 13 Pro, atau bahkan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, jika Anda beruntung memilikinya di negara Anda. Tenaga penjualan datang; memberi Anda rincian spesifikasi, jika Anda ingin berinteraksi dengannya sama sekali… Kemudian Anda mengangkat telepon. Tentu, iPhone Pro dan Ultra Galaxy mungkin terlihat “badass”, dan mungkin terasa lebih berat dengan baterai ekstra besar dan lubang kamera ekstra, tetapi apakah itu membuat mereka membeli yang lebih baik? Tidak semuanya. Setidaknya tidak selalu.

Atau bagaimana dengan fitur “premium” seperti 5G, 8K, kamera beresolusi tinggi, baterai besar, pengisian daya nirkabel, dan material premium seperti kaca? Seberapa penting mereka sebenarnya? Tidak sebanyak yang mungkin Anda pikirkan.

Itulah yang Teknokarta putuskan untuk menyusun daftar fitur ponsel cerdas yang mungkin disukai pelanggan saat membeli perangkat baru! Saya kira Anda dapat menganggap ini sebagai “bukan panduan pembeli”.

Fitur ponsel pintar yang dilebih-lebihkan pada tahun 2022: Jangan termakan hype!

1. Anda tidak memerlukan prosesor paling kuat atau RAM 12GB

Prosesor yang lebih kuat, lebih banyak RAM, dan kinerja benchmark yang lebih baik tidak pernah buruk untuk ponsel Anda. Namun, spesifikasi mentah di sini dapat membuat Anda percaya bahwa perangkat yang lebih kuat akan berkinerja jauh lebih baik daripada yang lebih terjangkau, padahal pada kenyataannya, perbedaannya mungkin dapat diabaikan.

Anda tidak perlu chip A15 Apple yang sangat kuat untuk menelusuri Instagram untuk melihat bagaimana Will Smith menampar wajah Chris Rock; telusuri Twitter untuk melihat video lengkap Will Smith menampar wajah Chris Rock, atau segarkan umpan Facebook Anda untuk melihat mengapa Will Smith menampar wajah Chris Rock dan apakah dia meminta maaf.

Yang ingin saya katakan adalah bahwa chip Qualcomm kelas menengah ditemukan di sebagian besar ponsel Android seharga kurang lebih lima jutaan, akan melayani Anda dengan baik untuk apa saja mulai dari melakukan email, menjelajahi media sosial, menonton video, atau bahkan bermain game.

Di ujung lain spektrum, Apple iPhone 13 hadir dengan hanya 4GB RAM, sementara flagships Android yang bersaing mendukung 8-12GB. Apakah ini berarti mereka selalu dapat membuat lebih banyak aplikasi berjalan di latar belakang dan melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan multitasking? Tidak. Jadi, jangan melompat ke ponsel hanya karena memiliki RAM 12GB. Ini bukan PC.

2. Lebih banyak sensor kamera dan desain tonjolan kamera baru tidak berarti kamera yang lebih baik

Satu-satunya kamera tambahan yang benar-benar berguna untuk ponsel adalah lensa telefoto/zoom khusus dan lensa sudut ultra lebar. Jika kamera yang ditambahkan adalah sensor ToF/Depth 2MP atau penembak Makro 5MP, itu berarti mereka kemungkinan besar akan membuat desain kamera terlihat jauh lebih mumpuni daripada yang sebenarnya. Jangan jatuh untuk itu. Tolong.

3. Kamera 108MP tidak lebih baik dari kamera 12MP… kecuali jika

Kenyataannya, lebih banyak megapiksel tidak selalu menghasilkan foto dan video yang lebih baik. Faktanya, dengan telepon, seringkali yang terjadi adalah kebalikannya.

Itu sebabnya meskipun memiliki sensor 108MP, Samsung Galaxy S22 Ultra default untuk mengambil foto 12MP. Istilah teknis untuk ini adalah “pixel binning”, tetapi yang perlu Anda ketahui adalah bahwa mendapatkan bidikan 12MP dari sensor 50-100MP akan selalu menghasilkan rentang dinamis yang lebih baik dan keseluruhan gambar yang lebih siap untuk media sosial.

4. Mode Makro bukan alasan untuk menghabiskan $300 untuk meningkatkan ke iPhone 13 Pro

Sejak Apple memperkenalkan Mode Makro dengan seri iPhone 13 Pro, kereta hype lepas landas. Tentu saja itu…

Jangan salah paham… Mode Makro adalah trik kamera yang bagus untuk dimiliki jika Anda memotret bunga dan lebah dari jarak dekat setiap hari. Jika jabatan Anda adalah “Pengambil gambar close-up lebah dan bunga”,. Maka ada baiknya menghabiskan uang ekstra untuk ponsel dengan Mode Makro yang bagus.
Tetapi jika Anda bukan seorang fotografer lebah dan bunga close-up, jangan repot-repot memperhatikan fitur yang kemungkinan besar akan Anda gunakan sepuluh kali dalam tiga tahun ke depan.

5. Ponsel Android dengan baterai besar tidak selalu bertahan lebih lama

Dan ini menjadi sedikit lebih kontroversial, tetapi sebenarnya sangat sederhana. Baterai yang lebih besar selalu lebih baik untuk perangkat Anda, kecuali:

  1. Itu membuatnya meledak. Maaf, Samsung.
  2. Optimalisasi perangkat lunak ponsel sangat buruk sehingga bahkan baterai besar pun tidak dapat bertahan seharian penuh dengan sekali pengisian daya.

Sayangnya, saya berbicara dari pengalaman pribadi di sini, tetapi Pixel 6 Pro saya memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih buruk daripada iPhone 13 Pro Max. Ya, Pixel 6 Pro yang sama yang hadir dengan baterai 5003 mAh yang sangat besar, yang kapasitasnya hampir 15% lebih tinggi daripada yang ada di iPhone 13 Pro Max.

Pengujian telah menunjukkan bahwa pengoptimalan baterai Apple yang sangat baik dan upaya Google yang sangat buruk pada latihan yang sama menghasilkan masa pakai baterai sekitar 30% lebih baik pada iPhone 13 Pro Max daripada Pixel. Dikombinasikan dengan baterai 15% lebih kecil, yang membuat kinerja baterai iPhone sekitar 45% lebih efisien dan lebih mengesankan.

Saya harap ini menjelaskannya. Baca ulasan telepon sebelum membeli telepon dengan baterai besar, berpikir itu akan bertahan dua hari sebelum perlu diisi. Hei, kami membuat ulasan telepon! Kebetulan sekali.

6. Pengisian nirkabel tidak lebih baik daripada pengisian kabel

Sebuah fitur hebat untuk dimiliki… jika Anda akan menggunakannya. Apakah ini alasan untuk membeli satu ponsel di atas yang lain? Sama sekali tidak.

Kecuali jika Anda selalu mengisi daya ponsel secara nirkabel – di rumah, di mobil, dan di Starbucks, pengisian daya dengan kabel akan selalu lebih cepat dan lebih andal kecuali Anda menggunakan MagSafe. Tetapi sekali lagi, MagSafe bahkan bukan pengisian nirkabel yang tepat, jika Anda bertanya kepada saya.

7. “Gorilla Glass akan melindungi layar ponsel Anda dari kerusakan!”

Gorilla Glass, Dragontrail, Ceramic Shield… dan pada akhirnya, ponsel Anda hancur berkeping-keping, dan Anda menangis di dalam mobil.

Satu-satunya cara dan paling pasti untuk melindungi layar ponsel Anda dari goresan dan retakan adalah dengan menggunakan pelindung layar ponsel cerdas terbaik yang dapat Anda temukan. Jangan jatuh untuk slogan pemasaran.

8. “Ponsel kaca lebih baik daripada yang plastik!”

Tentu saja, setelah poin terakhir, kita sampai pada debat “kaca lebih premium” dan “lebih baik dari plastik”. Yah… TIDAK! Anda harus membaca baris terakhir dengan suara Borat, atau itu tidak akan berhasil.

  1. Saya telah memegang telepon plastik yang terasa lebih premium dan dibuat lebih baik daripada telepon murah yang menggunakan bagian belakang kaca.
  2. Kaca belakang hanya terlihat dan terasa bagus dan mewah sampai hancur berkeping-keping.

Inilah sebabnya mengapa mendapatkan kasing yang kokoh untuk digunakan bersama pelindung layar Anda juga merupakan ide bagus. Dan coba tebak – begitu flagship $ 1.000 Anda dimasukkan ke dalam kasing, apakah penting bagian belakangnya terbuat dari apa?

9. Nama telepon yang buruk tidak membuat satu telepon lebih baik dari yang lain: Casing “Ultra”, “Pro”, “Max”, “Mini”

Pembuat telepon harus disalahkan di sini. Sementara “Max” adalah tambahan yang cocok untuk nama telepon dengan layar dan baterai yang lebih besar, memanggil satu telepon “Pro” di atas yang lain seringkali hanya trik pemasaran.

Kemudian, “Ultra” sangat kabur sehingga pada dasarnya tidak memberi tahu Anda apa pun tentang fitur tambahan telepon yang datang dengan nama ini. Dalam kasus Galaxy S22 Ultra, ini cukup banyak bermuara pada S-Pen, baterai berkinerja hampir tidak lebih baik, dan lensa zoom ekstra dibandingkan dengan Galaxy S22+.

Di ujung lain spektrum, meskipun iPhone terkecil Apple tidak menjual sebanyak yang lebih besar, saya berpendapat bahwa nama memainkan peran yang lebih besar daripada yang Anda harapkan. Teori sederhana saya adalah bahwa iPhone 12 mini dan iPhone 13 mini akan terjual jauh lebih baik jika Apple memutuskan untuk memanggil mereka “iPhone 12” dan “iPhone 13” dan menyebut iPhone standar “Max”.

Apakah iPhone 13 jauh lebih baik daripada iPhone 13 mini? Tentu saja tidak. Mereka benar-benar telepon yang sama, kecuali baterai yang lebih kecil di mini – jelas. Saya bahkan tidak menganggap ukuran layar yang lebih kecil pada 13 mini sebagai “penurunan versi” karena itulah mengapa beberapa orang mungkin lebih suka membelinya daripada iPhone 13 standar. Tapi tentu saja, “mini” membuat Anda percaya ini pasti kurang dari telepon.

10. Video 8K

Meskipun beberapa orang cenderung senang dapat merekam video beresolusi tinggi, yang mungkin tidak mereka sadari adalah bahwa tidak ada gunanya melakukannya jika Anda tidak dapat memutarnya kembali dalam resolusi aslinya.

Apa yang ingin saya katakan adalah bahwa, sebagaimana adanya, TV 8K jauh dari arus utama karena harganya yang tinggi, dan mereka benar-benar satu-satunya cara untuk melihat kembali rekaman 8K, setidaknya untuk konsumen.

Selain itu, hampir tidak ada TV tradisional, streaming, atau bahkan sebagian besar konten YouTube yang direkam dalam 8K, yang berarti fitur ini tidak berguna untuk 99% orang.

11. 5G

Seorang teman mengirimi saya SMS beberapa bulan yang lalu, meminta saran tentang ponsel baru mana yang harus dibeli. Di beberapa titik dalam percakapan, dia berkata: “Tapi yang ini memiliki 5G!”

Saya mengerti… Ketika fitur utama iPhone SE 2022 yang baru adalah 5G, ketika operator di seluruh dunia mendorong 5G sebagai titik penjualan nyata, dan ketika pembuat ponsel benar-benar menambahkan “5G” ke nama perangkat, tentu saja, orang akan berpikir mereka membutuhkannya.

Tetapi ada beberapa alasan untuk tidak membeli ponsel hanya karena memiliki 5G:

  • 5G akan menjadi jerawatan dan tidak konsisten untuk sebagian besar, terutama jika Anda tidak berada dalam pandangan langsung ke menara seluler atau di luar kota besar
  • Ponsel 5G Anda mungkin akan sering beralih antara 4G dan 5G saat sinyal 5G tidak bagus
  • Ini memiliki efek negatif pada masa pakai baterai

Tentu saja, ponsel 5G perlahan tapi pasti menjadi norma sekarang, jadi kemungkinan ponsel Anda berikutnya akan memiliki 5G apakah Anda menginginkannya atau tidak. 5G adalah masa depan.

Masalahnya adalah masa depan ini belum tiba, jadi tidak ada alasan untuk terburu-buru dan meningkatkan ke perangkat dengan 5G hanya untuk kepentingan itu. Belum lagi saya tidak pernah merasa 4G tidak cukup cepat. Hanya aku?
Oh, tentang rekomendasi telepon: Teman saya memilih antara OnePlus 8 (5G) dan Galaxy S20 FE (4G). Tentu saja, saya merekomendasikan Galaxy. Itu tidak memiliki 5G tetapi ini adalah ponsel yang jauh lebih baik secara keseluruhan (dengan harga yang sama). Itulah yang saya maksud ketika saya mengatakan 5G seharusnya tidak menentukan keputusan pembelian Anda.

12. “Harga telepon menunjukkan seberapa bagusnya.”

Yang satu ini adalah favorit saya, dan sekali lagi masuk akal bahwa orang akan berpikir telepon yang lebih mahal akan menjadi telepon yang lebih baik bagi mereka dibandingkan dengan pilihan yang lebih murah. Yang benar adalah bahwa telepon pricier mungkin benar-benar memberi Anda lebih banyak .

Tetapi pertanyaan sebenarnya di sini adalah apakah Anda memerlukan fitur tambahan? Tentu, ponsel unggulan mungkin memiliki beberapa fitur yang tidak akan ditawarkan oleh perangkat yang lebih murah, tetapi pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri apakah Anda membutuhkannya?
  • Apakah Anda benar-benar membutuhkan zoom optik 10x daripada sesuatu yang lebih konvensional seperti 3x?
  • Apakah Anda yakin ID Wajah akan lebih praktis daripada pembaca sidik jari hanya karena Apple menggunakannya di ponsel paling mahal?
Selain itu, beberapa ponsel yang lebih murah sebenarnya menawarkan lebih banyak fitur daripada yang lebih mahal.
  • Tahukah Anda bahwa seri Samsung Galaxy S22 tidak menawarkan ekspansi memori melalui kartu Micro SD, tetapi perangkat mereka yang lebih murah melakukannya?
  • Tahukah Anda bahwa Galaxy S21 FE menawarkan 3x optical zoom, yang setara dengan iPhone 13 Pro Max?

Pada akhirnya: Jangan membayar untuk fitur yang tidak Anda butuhkan!

Ide di balik cerita ini bukanlah untuk membuang kotoran pada ponsel unggulan atau fitur baru. Saya suka itu – mereka memajukan industri. Tetapi banyak dari mereka adalah fitur yang tidak Anda butuhkan atau tidak berguna seperti yang terlihat karena hype yang dibangun di sekitarnya.

Semua yang dikatakan, perlu juga dicatat bahwa Anda harus mencoba beberapa fitur yang disebutkan di atas sebelum Anda menghapusnya atau menerimanya.

Berikut adalah beberapa fitur lain yang perlu Anda coba untuk memutuskan apakah itu layak:

  • Layar dengan kecepatan refresh tinggi – beberapa mungkin menganggapnya mengubah permainan, beberapa bahkan mungkin tidak menyadarinya
  • Versi Android – beberapa orang menyukai Samsung One UI, terutama jika mereka selalu menggunakan ponsel Samsung, tetapi pada kenyataannya, saya menemukan versi Google Android lebih cair dan minimalis, itulah sebabnya saya lebih menyukainya
  • ID Wajah – sangat bagus saat berfungsi dan tidak sebagus saat tidak berfungsi
  • Pengisian nirkabel terbalik – ini dapat menghemat hari ketika Anda meninggalkan pengisi daya di rumah, dan Anda perlu mengisi ulang earbud nirkabel atau telepon lain, yang mendukung pengisian daya nirkabel, tetapi beberapa orang mungkin tidak pernah menemukan diri mereka dalam situasi ini
  • S-pen Samsung, yang tidak akan berguna bagi sebagian besar pengguna (namun merupakan salah satu nilai jual utama Galaxy S22 Ultra)

Dan akhirnya, nantikan bagian kedua yang akan datang dari cerita ini yang membahas beberapa fitur ponsel yang diremehkan pada tahun 2022 – yang sebenarnya lebih penting daripada yang Anda pikirkan saat membeli iPhone atau Android baru.

Leave a Comment