Potensi dan Keuntungan Bisnis Sepatu Bekas Branded, Berikut Cara Memulainya

Posted by on , and updated on .

Memang melihat desain sepatu siapapun juga pasti tertarik. Beragam model sepatu hampir setiap saat bermunculan. Terkang berfikir kuat juga modalnya untuk membangun bisnis sepatu. Sobat sedang mencari peluang bisnis? Bagaiaman dengan bisnis sepatu bekas?

Bisnis sepatu bekas branded bisa mendatangkan cuan, asal kita jeli dalam menjalankannya. Ternyata selain thrifting berburu baju bekas impor, jualan sepatu bekas branded hasil impor juga diminati. Biasanya sepatu yang diminati merupakan produk sepatu yang tren saat itu, waktu produk sepatu tersebut di pasarkan. Lalu bagaimana cara bisnis sepatu bekas import? Bagaimana cara mencari sepatu bekas bermerek?

Cara bisnis sepatu bekas import tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Sepatu branded tentu kita tidak perlu menjelaskan lagi bagaimana seperti apa sepatu tersebut? Produk sepatu bekas branded biasanya sudah memiliki kualitas yang sudah terjamin meskipun bekas. Sudah banyak review dan ulasan di berbagai macam tempat. Pembeli tinggal mencari sepatu apa yang mereka inginkan, jika kualitas dan harga menurut mereka cocok, ada kemungkinan 90 persen mereka akan membelinya.

Memilih membeli sepatu bekas branded bagi sebagian disebut memiliki branding yang lebih dikenal, karena produk tersebut di jual diseluruh dunia. Apalagi jika banyak public figur yang memakainya. Walaupun produk lokal juga tidak kalah dari segi kualitas. Setelah kami lihat-lihat di youtube, ternyata banyak juga brand lokal yang mampu bersaing di pasar dalam negri bahkan sampai ke luar negeri.

bisnis sepatu bekas branded

Dari permasalahan itu kita juga harus jeli melihat potensi bisnis jualan sepatu dari sepatu baru maupun sepatu bekas atau second. Tapi khusus di artikel ini kita bahas saja peluang dan strategi bisnis sepatu bekas. Kalau sepatu baru kita bahas nantilah di artikel selanjutnya.

Sepatu bekas memang menarik apalagi sepatu bekas bermerek, kenapa? Karena dengan harga yang lebih murah kita bisa mendapatkan sepatu dengan kulitas yang bagus. Di banding kalau kita membeli dengan harga baru. Tentu namanya sepatu bekas pasti sobat sudah tahu bagaimana. Pada umumnya juga para pengusaha sepatu second lebih memilih sepatu yang bermerek atau dari luar negeri.

Apa strategi kita untuk cara menjual sepatu terutama bisnis sepatu second atau bekas? Tentu kita harus memiliki sepatu bekas yang masih berkualitas! Dalam berbisnis sepatu bekas tentu kita juga harus jeli menghitung untung dan ruginya.

Dimana kita bisa dapatkan sepatu bekas import berkualitas? Bagaimana kita menentukan harga sepatu bekas? Gimana cara cek sepatu bekas ini asli atau kw? Dan lain sebagainya. Tentu bisnis harus ada hitung-hitungannya minimal di tahap awal bisnis ini bisa berjalan. Sobat tertarik untuk berjualan sepatu bekas?

Sobat juga perlu menyiapkan modal jualan sepatu bekas, atau jika sobat punya teman yang punya banyak sepatu bekas yang mungkin jangan di pakai bisa diajak kerja sama. Siapa tahu dia ingin menjual tapi tidak tahu caranya.

Cara Bisnis Sepatu Bekas Branded: Peluang dan Cara Memulai

toko sepatu bekas branded

Barang bekas atau second apalagi branded yang masih berkualitas tentu akan menarik bagi sebagian orang. Jika sobat tertarik dengan bisnis sepatu bekas branded, yuk kita sama-sama ulas peluang dan cara memulainya. Sampai sini sobat tertarik membuka usaha thrift shop atau jual beli produk fashion bekas , termasuk sepatu?

1. Mengenal Bisnis Sepatu Bekas Branded atau Bermerek

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis sepatu bekas branded bermerek telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Bukan hanya karena alasan gaya dan tren, tetapi juga karena faktor keberlanjutan dan lingkungan. Bisnis ini menawarkan peluang bagi para pengusaha yang ingin memanfaatkan pasar sepatu branded bekas yang terus berkembang.

2. Potensi Pasar dan Keuntungan

Pasar sepatu bekas branded atau sepatu bekas bermerek sangat luas dan beragam. Banyak konsumen yang mencari sepatu branded dengan harga lebih terjangkau, sementara yang lain menginginkan model atau desain tertentu yang mungkin tidak lagi tersedia di toko resmi. Dengan memasarkan sepatu bekas branded, Anda dapat menarik perhatian konsumen dari berbagai kalangan.

Keuntungan bisnis sepatu bekas branded terletak pada margin keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan menjual sepatu baru. Anda dapat membeli sepatu bekas dengan harga murah, memperbaiki dan membersihkannya jika diperlukan, lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan.

3. Cara Bisnis Sepatu Bekas Branded

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memulai bisnis sepatu bekas branded:

a. Penelitian Pasar

Lakukan penelitian pasar yang menyeluruh untuk memahami preferensi konsumen, tren mode terkini, dan merek sepatu yang paling diminati. Identifikasi juga target pasar yang ingin Anda tuju, apakah itu remaja, profesional muda, atau segmen pasar lainnya. Apalagi jika target kita menjual sepatu bekas bermerek, tentu harus jeli. Hal itu karena harga sepatu bekas bermerek tidaklah murah, dan harus segera terjual agar uang cepat berputar.

Jual sepatu terutama sepatu bekas kita harus menentukkan siapa target pasar kita dan sepatu bekas apa yang di minati target pasar kita. Tapi kalau sobat punya slogan “kalau gak laku ya dipakai sendiri”, ya gak apa-apa.

b. Sumber Produk

Temukan sumber produk sepatu bekas branded yang andal dan terpercaya. Anda dapat menjelajahi toko barang bekas, pasar loak, atau memanfaatkan platform online seperti situs lelang atau marketplace khusus sepatu bekas. Pastikan untuk memeriksa keaslian dan kualitas sepatu sebelum membelinya.

Dengan modal yang kecil sobat bisa untung besar bisnis sepatu bekas. Sepatu bekas biasanya di jual di thrift store dengan harga kisaran 200.000-500.000 rupiah. Jika model bisnis sepatu bekas karungan maka sobat membeli dagangan dengan sistem perkarung. Di thrift store bisa didapatkan dengan harga 3 sampai 5 juta rupiah per karung, dimana dalam satu karung sepatu bekas terdapat 50-100 pasang sepatu.

Tentu dengan membeli sepatu bekas karungan, sobat perlu untuk mencari distributor sepatu bekas import karungan yang bisa memasok sobat jika sedang di butuhkan. Artinya sobat tidak kesulitan untuk mencari stok sepatu bekas untuk di jual. 

Sobat juga dapat membeli sepatu bekas dari luar negeri, namun sobat juga harus mengatahui tata cara dan peraturan dalam membeli sepatu bekas di luar negeri.

c. Menentukkan Modal Bisnis

Ada baiknya sebagai penjual barang bekas dalam hal ini bisnis sepatu bekas branded harus menentukan modal bisnis yang jelas. Setidaknya persiapkan modal bisnis bergantung pada harga sepatu bekas yang akan kita jual. Ini bergantung juga pada sumber dimana kita mendapatkan produk sepatu bekas. Apakah akan membeli dengan sistem karungan atau membeli per item tertentu.

d. Perbaikan dan Pembersihan

Beberapa sepatu bekas mungkin memerlukan perbaikan atau pembersihan sebelum dijual kembali. Carilah tukang sepatu terpercaya yang dapat membantu Anda memperbaiki sepatu rusak dan memberikan tampilan yang lebih segar. Pastikan setiap pasang sepatu dalam kondisi yang baik sebelum dipasarkan.

e. Buatlah deskripsi produk yang jelas

Sobat bisa membuat deskripsi produk sepatu bekas branded yang jelas dan apa adanya. Deksripsi sepatu bekas bisa di mulai dari kelebihan dan kekurangan, ukuran, warna, merk dan dll. Deskripsi yang singkat juga di perlukan. Jangan lupa informasikan kelebihan dan kekurangan produk dari awal, sehingga calon pembeli akan mengetahui kondisi sepatu tersebut. Cek juga apakah terdapat bagian yang rusak, warnanya luntur, dan lain sebagainya sehingga bisa menginformasikan dengan detail.

f. Penilaian Harga yang Adil

Tentukan harga jual yang adil untuk setiap pasang sepatu berdasarkan kondisi, merek, popularitas, dan permintaan. Berikan penawaran yang menarik untuk menarik minat konsumen, tetapi pastikan Anda tetap mendapatkan keuntungan yang wajar.

Untuk menentukkan harga sepatu bekas, sobat bisa melihanya di toko online, social media dan lainnya. Tapi sobat juga harus melihat kualitas dari sepatu bekas tersebut seperti apa. Sepatu second dapat memiliki harga yang bervariasi, hal itu bergantung pada kondisi dan peminatnya.

g. Lokasi Bisnis

Jika berjualan sepatu second dapat memanfaatkan media sosial untuk sistem online, sedangkan untuk berjualan offline, maka bisa memilih lokasi bisnis yang strategis. Sobat bisa menentukkan lokasi bisnis bergantung pada target pasar dari sepatu bekas branded tersebut. Misalnya sobat menjual sepatu second branded yang biasanya dipakai olahraga, maka sobat bisa mencari lokasi yang dekat dengan sarana olahraga.

h. Penjualan atau Pemasaran produk

Untuk cara jual sepatu bekas bergantung pada strategi marketing sobat. Gunakan strategi pemasaran produk terutama sepatu bekas branded yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda dan menjangkau calon pelanggan. Sobat bisa melakukan pemasaran produk sepatu bekas secara online dan offline. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Buat situs web atau toko online: Buatlah platform digital yang memungkinkan calon pelanggan melihat koleksi sepatu bekas branded yang Anda tawarkan. Pastikan situs web atau toko online Anda mudah dinavigasi, memiliki deskripsi yang jelas, serta gambar yang menarik untuk menarik minat pembeli.
  2. Gunakan media sosial: Manfaatkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Buat halaman atau akun bisnis di platform seperti Instagram, Facebook, atau Twitter, dan posting secara teratur dengan menggunakan gambar sepatu bekas branded yang menarik dan ajak pengguna untuk mengunjungi toko online Anda.
  3. Kolaborasi dengan influencer: Cari influencer yang memiliki minat dalam mode dan sepatu bekas branded. Ajak mereka untuk mereview atau mempromosikan produk Anda melalui konten mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau audiens yang lebih luas.
  4. Partisipasi dalam acara pasar atau pop-up shop: Dapatkan eksposur lebih lanjut dengan berpartisipasi dalam acara pasar atau membuka pop-up shop di tempat yang strategis. Hal ini memungkinkan calon pelanggan untuk melihat dan mencoba sepatu langsung sebelum membeli.
  5. Berikan pelayanan pelanggan yang baik: Pastikan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Tanggapi pertanyaan dan permintaan dengan cepat, berikan deskripsi produk yang akurat, dan pastikan pengiriman dilakukan dengan baik. Pelayanan yang baik dapat membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
  6. Cara jual sepatu bekas yang terakhir, sobat bisa bergabung dengan komunitas pecinta sepatu bermerek. Sobat bisa menawarkan jika memiliki sepatu bekas bermerek dan ingin menjualnya.

Dengan cara diatas semoga usaha sepatu bekas sobat dapat berkembang, paling tidak bisnis bisa berjalan dengan adanya putaran uang. Bangun brand awareness bahwa sobat adalah penjual sepatu bekas terpercaya dan menjual sepatu bekas yang berkualitas.

4. Menjaga Kualitas dan Keberlanjutan

Untuk dapat menjaga kualitas sepatu bekas sobat perlu mengenal bagian-bagian dari sepatu sneakers. Kenapa itu penting? agar sobat dapat mengecek bagian-bagian tersebut dan minimal bagian tersebut dalam kondisi baik dan layak pakai.
Pastikan bagian-bagian sepatu tersebut tidak rusak atau cacat, tapi jika masih bisa di maklumi tidak apa-apa. Semua bergantung pada standar operasional toko sobat. 

bagian bagian sepatu sneakers

Dalam menjalankan bisnis sepatu bekas branded, penting untuk menjaga kualitas produk yang Anda tawarkan. Pastikan setiap pasang sepatu yang Anda jual dalam kondisi yang baik dan memiliki nilai yang sesuai dengan harga yang ditetapkan.

Selain itu, berikan perhatian pada aspek keberlanjutan dalam bisnis Anda. Bekerjasama dengan penyedia layanan daur ulang sepatu atau mendonasikan sebagian dari keuntungan Anda untuk tujuan lingkungan dapat memberikan dampak positif dan membuat bisnis Anda lebih berkelanjutan.

Kesimpulan

Bisnis sepatu bekas branded menjadi peluang bisnis yang menarik dalam industri fashion. Dengan memahami pasar, sumber produk, perbaikan, penilaian harga yang adil, serta strategi pemasaran yang efektif, Anda dapat memulai bisnis ini dengan baik. 

Selalu jaga kualitas produk yang Anda tawarkan, berikan pelayanan pelanggan yang baik, dan perhatikan aspek keberlanjutan. Dengan kerja keras dan dedikasi, bisnis sepatu bekas branded dapat menjadi usaha yang sukses dan menguntungkan. Apakah sobat sudah memiliki gambaran jika ingin bisnis sepatu bekas branded? 

#Bisnis

© 2024 MasPendy