Baca 5 mins

Penyebab dan Cara Mengatasiya Hardisk Bunyi Tek Tek

Sedikit menghela nafas karena hardisk kami bunyi tek tek dan membuat tidak bisa masuk windows. Yang pada akhirnya membuat kami melepas hardisk tersebut. Karena hardisk itu hanya kami gunakan untuk menyimpan data. Alhasil data-data kami di hardisk tidak dapat kami akses untuk saat ini.

Kami bisa pastikan bahwa harddisk bunyi tek tek dan tidak terbaca, sehingga membuat tidak bisa masuk ke windows lagi. Kami belum memperbaiki hardisk bunyi tek tek tersebut, karena hal utama yang kami harap adalah laptop bisa kembali menyala.

hardisk bunyi tek tek

Harddisk bunyi tek tek bermula ketika kami mencari file dan tiba-tiba bunyi tek tek. Tanpa lama kamipun paksa untuk mematikannya dengan menekan tombol power sampai laptop dalam keadaan mati, berharap jika terjadi kerusakan tidak tambah parah dan data dapat kami akses kembali.

Yang kami lakukkan selanjutnya adalah dengan melepas hardisk tersebut, kebetulan hardisk dipasang pada slot dvd room dengan bantuan hdd caddy. Setelah kami lepas dan coba kami hidupkan, Alhamdulilah… laptop kami berhasil menyala kembali.

Sudah beberapa tahun kami memang menggunakan SSD untuk sistem pada laptop dan pc kami. Salah satu alasan memakai SSD adalah kecepatan booting windows yang cepat. Sehingga ketika kami menyalakan laptop lebih cepat dan dari performa laptop juga meningkat dalam hal penggunakan aplikasi.

Untunglah kami masih punya backup data di hardisk eksternal, walaupun itu adalah data-data lama. Beruntung file yang sering kami gunakan ada di SSD kami yang juga kami gunakan untuk menginstal sistem operasi.

Apakah sobat juga punya pengalaman hardisk laptop bunyi tek tek? Bagaimana cara perbaiki hardisk bunyi tek tek? Kami sudah mencoba memasang kembali hardisk tersebut di laptop namun hardisk berbunyi tek tek kembali terjadi. Yang membuat kami melepasnya kembali dan membiarkannya dulu untuk sementara waktu.

Penyebab Bunyi “Tek Tek” pada Hardisk

Kami mencoba mencari tahu apa penyebab hardisk bunyi tek tek tek. Bunti tek tek pada hardisk jelas ada masalah di internel hardisk atau berkaitan dengan hardware. Bunyi “tek tek” yang tidak biasa dari hardisk sering kali menunjukkan masalah internal yang serius. Sebelum mengetahui penyebab bunyi tek tek pada hardisk ada baiknya kita mengenal dahulu komponen yang biasanya ada di dalam hardisk.

komponen hardisk pricebook.co.id

Berikut beberapa penyebab umum termasuk:

  • Kerusakan Head Disk: Bunyi “tek tek” dapat terjadi jika komponen head disk yang membaca dan menulis data pada piringan hardisk mengalami kerusakan atau aus.
  • Bad Sector: Sektor buruk pada piringan hardisk dapat menyebabkan head disk bergerak secara berulang-ulang untuk mencoba membaca data, menghasilkan bunyi “tek tek”.
  • Motor Spindle Problem: Motor yang memutar piringan hardisk mungkin mengalami masalah, menyebabkan bunyi ketukan saat hardisk mencoba berputar.
  • Firmware Corruptions: Kerusakan pada firmware hardisk bisa menyebabkan perilaku aneh, termasuk bunyi-bunyi tak biasa.

Agak berat sepertinya jika melihat penyebab hardisk bunyi tek tek, hmmm…. Yang kami sesalkan adalah karena hardisk itu tempat menyimpan data-data baru kami. Dan belum sempat memindahkannya ke hardisk eksternal.

Tindakan Pertama: Cadangkan Data Anda

backup data di hardisk eksernal

Sebelum melakukan langkah perbaikan, sangat disarankan untuk mencadangkan semua data penting dari hardisk yang bermasalah. Dalam beberapa kasus, upaya perbaikan dapat menyebabkan hilangnya data.

Sobat bisa mencadangkan data di hardisk eksternal adalah pilihan terbaik karena kapasitasnya yang cukup besar. Jika memang tidak ada sobat bisa membackup data ke flashdisk.

Atau jika memang tidak ada juga sobat bisa melakukkan backup ke google drive, walaupun kapasitasnya mungkin tidak akan sebanyak jika menggunakan hardisk eksternal dan flashdisk.

Jika sobat memiliki teman ada baiknya hubungi teman untuk titip data tersebut di hardisknya.

Cara Memperbaiki Hardisk dengan Bunyi “Tek Tek”

Kami menemukkan beberapa cara untuk mengatasi harisk bunyi tek tek. Jika Anda ingin mencoba memperbaiki hardisk dengan bunyi “tek tek” sendiri, berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba: 

  1. Hentikan Penggunaan: Segera hentikan penggunaan hardisk yang berbunyi “tek tek” untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Tahap ini kami sudah melakukkannya dengan segera mematikan laptop. Caranya dengan menekan tombol power sampai laptop mati, kemudian melepaskannya.
  2. Periksa Kabel dan Koneksi: Pastikan semua kabel dan konektor yang terhubung ke hardisk dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar. Menurut kami ini hanya pengecekan saja untuk memastikan hardisk terpasang dengan benar. Jika pada laptop anda tidak perlu melakukkan pengecekan kabel pada hardisk.
  3. Gunakan Data Recovery Software: Gunakan perangkat lunak pemulihan data untuk mencoba menyelamatkan data dari hardisk. Beberapa perangkat lunak dapat membantu mengakses data bahkan jika sektor-sektor tertentu rusak. Untuk tahap ini kami sarankan untuk anda yang memang memiliki pengalaman. Sobat bisa meminta tolong teman atau sodara yang punya pengalaman, atau ada baiknya sobat datang ke spesialis backup data. Pastikan spesialis backup data yang terpercaya karena ini menyangkut data-data anda, dari mulai data pribadi, privasi, pekerjaan dan lain halnya.
  4. Cobalah di Komputer Lain: Coba pasang hardisk di komputer lain untuk melihat apakah masalah bunyi masih ada. Jika tidak, masalah mungkin terkait dengan komponen lain di komputer Anda. Sobat juga bisa mencoba di komputer lain, namun jika takut malah menambah kerusakan pada hardisk sebaiknya jangan lakukkan

Langkah terakhir jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, disarankan untuk menghubungi profesional teknologi informasi atau ahli pemulihan data yang berpengalaman. Mereka memiliki peralatan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang lebih kompleks.

Kesimpulan

Hardisk bunyi tek tek adalah tanda potensial bahwa ada masalah serius dengan komponen internalnya. Meskipun ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya sendiri, penting untuk diingat bahwa jika data Anda sangat berharga, lebih baik untuk berkonsultasi dengan ahli agar masalah tidak menjadi lebih buruk. Selalu lakukan langkah-langkah pencegahan dengan melakukan pencadangan data secara teratur untuk menghindari kehilangan informasi yang berharga.

Entah apa yang akan kami lakukkan pada hardisk bunyi tek tek tersebut. Karena komponen hardisk menurut kami sangat kompleks jika membongkarnya. Akan lebih baik menyerahkan pada ahlinya saja, demi mendapatkan kembali data-data pada hardisk tersebut. Apalagi jika hardisk bunyi tek tek dan tidak terbaca. Semoga sobat tidak mengalaminya dan kami harap untuk sobat melakukkan backup data di tempat lain.

Sobat bisa melakukkan backup data di hardisk eksternal, laptop atau pc lain, dan bisa juga melakukkan backup data secara online seperti di google drive, dropbox dan lainnya. Sobat utamakan data yang benar-benar penting dahulu, baru data-data lain.

#

Posted By MasPend Blogger