Baca 4 mins

Cara Membuat Password di ZIP dan RAR dengan WinRAR

Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang Cara Menyembunyikan File dan Folder di Windows tanpa Aplikasi, pada artikel ini kita akan mempelajari cara mengamankan file berikutnya. Cara mengamankan file dan folder selanjutnya adalah dengan membungkusnya dalam format zip dan rar. Karena dengan pengamanan ke dalam zip dan rar sobat dapat memberikan password agar file yang ada di dalam zip dan rar dapat di lihat.

Untuk melihat file yang ada di dalam zip dan rar kita dapat melakukkan extract atau dengan bantuan program lain. Untuk membuat file dan folder ke dalam zip dan rar kita memerlukan aplikasi bernama winrar.

Apakah sobat sudah menggunakan aplikasi winrar? Winrar sendiri merupakan sebuah aplikasi untuk mengcompress sebuah file agar menjadi lebih kecil size file tersebut, dan hasil compresss dari aplikasi ini .rar dan juga ada pilihan lainnya yaitu .zip .bin dan lainnya.

Biasanya file yang di compress di bungkus ke dalam zip dan rar merupakan file yang penting dan bisa juga rahasia, Selain ukuranya menjadi kecil dan akan lebih rapi.

Winrar memiliki perlindungan untuk memproteksi file dengan dapat menambahkan password atau kata sandi sesuai dengan yang sobat inginkan.

Cara Password File ZIP RAR di Laptop

Gambaran tentang pengamanan file dengan membungkusnya ke dalam zip dan rar diatas sudah cukup jelas. Selanjutnya sobat tinggal mengikuti tutorial cara memasang password pada winrar di pc laptop seperti berikut ini.

Download Aplikasi Winrar

Agar sobat dapat membungkus file dan folder ke dalam zip dan rar di laptop atau komputer, sobat perlu menginstall aplikasi winrar. Berikut link downloadnya.

https://www.win-rar.com/download.html

Sobat dapat mendownload winrar versi terakhir, karena versi terakhir merupakan versi terbaru dari winrar. Winrar sendiri juga mendukung berbagai bahasa, semua tinggal sobat sesuaikan.

Link download biasanya berupa button dengan tulisan WinRAR X.XX English 64 bit dimana X.XX merupakan versi terakhir dan terbaru dari winrar.

Mengkompres File dan Folder

Sobat pilih file atau folder yang akan di compress atau di bungkus ke dalam zip atau rar. Jika sobat belum memilikinya dapat membuatnya terlebih dahulu.

Pilih file tau foler yang akan di compress, disini file yang akan comprees bernama file-penting.txt dan untuk folder dengan nama folder_rahasia.

menyiapkan file folder untuk zip dan rar

Selanjutnya file atau folder di klik kanan / right click dan pilih Add to archive.

pilih add to archive untuk mengcompress file dan folder

Mengatur Format dan Password

Selanjutnya akan tampil halaman pengaturan zip dan rar, disini sobat tentukan dahulu pada opsi Archive format apakah memilih RAR atau ZIP.

pengaturan winrar untuk compress zip dan rar

Sobat juga dapat mengubah nama file setelah di compress di Archive name. Tetapi untuk mengubah nama jangan hapus bagian .rar ataupun .zip. Ubah kata yang ada di depan saja.

Untuk penghubung antar kata sobat bisa menggunakan tanda hubung _ atau -.

Selanjutnya untuk mengatur password pada zip atau rar silahkan sobat klik set password.

Memasukan Password Baru

Setelah klik set password maka akan tampil form untuk memasukkan password zip atau rar kita.

mengatur password zip dan rar di winrar

Selanjutnya sobat isi password sesuai apa yang anda mau. Pastikan sobat mengingat password tersebut.

Sobat dapat memberikan tanda ceklis pada tulisan Encrypt file names, ini berfungsi akan saat file rar zip tersebut di buka melalui winrar, maka winrar akan meminta password untuk dapat melihat isi dari zip dan rar tersebut.

Begitu juga ketika akan di extract winrar akan meminta password agar dapat di extract. Jika pengaturan password berhasil, maka tulisan set password akan berwarna biru menandakan protect berhasil.

pengaturan set password berhasil dilakukkan

Langkah selanjutnya adalah dengan klik OK dan OK. Jika file yang ada di folder cukup banyak dan besar mungkin akan menunggu cukup lama.

file dan folder berhasil di compress

Mencoba membuka file zip dan rar

Untuk mencoba file zip dan rar yang telah kita buat tadi, silahkan sobat klik dua kali pada file tersebut. Jika berhasil maka akan muncul form untuk memasukkan password. Jika password benar maka sobat dapat melihat isi dari file tersebut, namun jika gagal maka sobat tidak dapat melihat isi dari file tersebut.

membuat password zip dan rar

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil adalah kamu dapat membungkus dengan mengcompress file dan folder ke dalam zip atau rar. Cara tersebut membutuhkan aplikasi bernama Winrar.

Dengan memberikan password ke dalam zip atau rar membuat tidak semua orang bisa ekstrak file tersebut karena harus menggunakan password.

Itulah cara memberi password file dan folder di dalam zip rar winrar, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah ada.

Yang tidak kalah penting adalah sobat harus mengingat password dari file zip dan rar tersebut.

#

Posted By MasPend Blogger